Jumat, 24 Desember 2010


LAPORAN

PRAKTEK KERJA INDUSTRI GELOMBANG II

IRLANDA.NET

Jln. Lemah Mendak Mijen Semarang

Disusun oleh :

Nama : SITI ROKHANAH

Kelas : II Tkj 2

Nis : 01230

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

SMK BHAKTI NUSANTARA

TAHUN 2010 / 2011

LAPORAN

PRAKTEK KERJA INDUSTRI GELOMBANG II

HARDWARE DAN SOFTWARE

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI INI DI SUSUN

SEBAGAI SALAH SATU SYARAT MENGIKUTI UJIAN NASIONAL

TAHUN 2010 / 2011

Disusun oleh :

Nama : Siti Rokhanah

Kelas : II Tkj 2

Nis : 01230

SMK ”BHAKTI NUSANTARA BOJA”

Jl. Kaiwungu Km. 1. Meteseh.Boja, Kendal 51381 telp. (0294)571476

Email : smkbhinus@telkom.net










IDENITAS SISWA DAN PERUSAHAAN


A. Identitas Siswa Prakerin

1. Nama Siswa : Siti Rokhanah

2. Nomor Induk Siswa (NIS) : 01230

3. Tempat/Tanggal Lahir : Kendal, 29 Juli 1993

4. Kelas/Proggram Keahlian : XII tkj 1 / Teknik Komputer & Jaringan

5. Alamat Siswa : Teseh Rt 04/Rw 04 Meteseh

Boja – Kendal

6. No.Telp/Hp Siswa : 0856 4038 5754

B. Identitas Perusahaan DU/DI

1. Nama Industri/Instansi : IRLANDA.NET

2. Alamat Industri/Instansi : Jl. Raya RM. Hadisubeno Lemah

Mendak Mijen - Semarang

3. No.Telp Industri/Instansi : (0294) 7078 328

LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH

Laporan dengan judul HARDWARE DAN SOFTWAREyang disusun oleh Siti Rokhanah ini telah diperiksa oleh pembimbing Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Pada Tanggal :

Di :

Ketua Program Keahlian Guru Pembimbing

AGUS TANTRIWIDAGDO, S.T KHAERUL FATONI, S,Kom

NIP : NIP :

Kepala SMK Bhakti Nusantara

MUCHLIS, S. Kom

NIP :


LEMBAR PENGESAHAN INDUSTRI


Laporan dengan judul HARDWARE DAN SOFTWAREyang ditulis oleh Siti Rokhanah ini telah diperiksa oleh pembimbing lapangan dan telah disahkan oleh IRLANDA.NET

Pada Tanggal :

Di :

Pembimbing Lapangan / Teknisi

DHANI BAGUS PRAYOGI

Pimpinan perusahaan

Drs, HERI SUKARDY, M. Kes


MOTTO DAN PERSEMBAHAN


A. MOTTO

v Kehidupan lebih nyata karna tantangan,

v Segala sesuatu yang dilakukan dengan rendah hati itu bukan berarti rendah diri,

v Sikap adalah cermin masa depan,

v Sesuatu beban bukanlah untuk di jadikan pikiran karena dalam sebuah masalah tersimpan segudang keajaiban,

v Harapan akan menjadi nyata, Jika dilakukan dengan keikhlasan dan kesabaran,

B. PERSEMBAHAN

Alhamdulilah

1. Kupersembahkan rasa syukurku kepadaMU Ya ALLAH,

2. Kupersembahkan kepada bapak dan ibu tercinta yang selalu dan senantiasa mencurahkan kasih sayang, memberi semangat serta do`a kepadaku untuk mencapai kesuksesan,

3. Kupersembahkan kepada seorang terkasih yang senantiasa memacu untuk terus berusaha meraih masa depanku,

4. Kupersembahkan kepada kakak adikku tersayang yang selalu menyemangatiku,

5. Kupersembahkan kepada keluarga besar bapak Drs, Hery sukardy yang telah memberikan kesempatan, bimbingan, serta pengalaman,

6. Kupersembahkan kepada keluaraga besar SMK Bhakti Nusantara yang memberikan dukungan kepadaku,

7. Kupersembahkan kepada pembimbing yang selalu memberi dukungan dan bimbingan,

8. Kupersembahkan kepada sodaraku yang selalu mendukungku

9. Kupersembahkan kepada sahabat – sahabatku terimakasih atas dukungannya selama ini,

10. Kupersembahkan karya tulis ini kepada teman – teman seperjuanganku, sukses selalu untuk kita

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadiaran ALLAH SWT yang telah memberikan limpahan rahmat, hidayah serta inayahNYA kepada kita,sehingga dapat menyelesaikan praktik kerja industri dan dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik.

Laporan dengan judul “hardware dan software” ini disusun untuk memenuhi persyaratan mengikuti ujian nasional tahun 2010 / 2011, Setelah melaksanakan praktik kerja industri selama 2 (dua) bulan di irlanda.net 12 juli s/d 2 September 2010. Laporan ini juga dijadikan bahan pertanggungjawaban kami setelah melaksanakan praktik kerja industri kepada Pembina dan pembimbing di SMK BHAKTI NUSANTARA BOJA.

Dalam penyusunan laporan ini penulis banyak mendapatkan bantuan dan masukan dari banyak pihak maupun bimbingan dan pengarahan yang sangat bermanfaat.Penulis secara khusus mengucapkan banyak terima kasih kepada:

1. Bapak Mukhlis, S.Kom, selaku Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Bhakti Nusantara

2. Bapak Agus Tantriwidagdo, S.Kom selaku Ketua Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

3. Bapak Drs, Heri sukardy, selaku pimpinan Perusahaan

4. Dani, selaku pembimbing Perusahaan.

5. Bapak dan Ibu guru Teknik Komputer dan Jaringan.

6. Kedua orang tua, dan segenap keluarga.

7. Dan kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan laporan ini sehingga selesai dengan baik.

Boja, 20 agustus 2010

Penyusun

1.1 Latar Belakang disusun laporan

Secara umum dalam penyusunan laporan ini disesuaikan dengan keadaan yang ada, Laporan memuat masalah – masalah hardware serta software, dalam jurusan teknik computer dan jaringan banyak di temukan hambatan – hambatan yang kemungkinan terjadi, Dengan sedikit pengetahuan yang dimiliki membuat tingkat kesulitan menjadi tinggi, padahal kesulitan tersebut dapat teratasi jika bertambahnya wawasan dan pengalaman.

Dalam hal ini penyusun membagikan pengalaman serta pengetahuan selama praktek kerja industri pada Irlanda.Net, Berdasarkan pengalaman banyak hal baru yang telah didapatkan mengenai hardware dan software mulai dari permasalahan atau pengatahuan kecil maupun besar dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

Dari penyusunan laporan ini, Lembar isi memuat permasalahan yang kemungkinan sering terjadi, Seperti catridge yang rusak, Banyak orang yang memilih mengganti dengan yang baru daripada memperbaiki, Namun dengan title sebagai siswa jurusan teknik computer dan jaringan hal seperti insyaallah masih dapat diatasi, Dengan partisi flashdisk memungkinkan lebih memudahkan untuk memanagement data, Karna saya melihat banyak orang yang menggunakan flashdisk untuk menyimpan sebuah data, Virus membuat data menjadi hilang atau tidak terdeteksi, Namun dari isi laporan semoga tanda – tanda pc terjangkit virus dapat dikenali sehingga dapat dilakukan penanganan virus, Loading lama juga sering di alami banyak orang dan masih banyak lagi pengetahuan yang di tulis, Semoga dari pengatasan – pengatasan ini dapat membantu.

Demikian seulas dorongan penulis menyusun laporan dengan isi ini dari hal – hal kecil permasalahan namun sering di jumpai, Semoga memberikan manfa’at serta pengaruh besar terhadap kita semua.


1.2 Tujuan Penulisan Laporan

Setelah melaksanakan praktik industri, para siswa di wajibkan untuk membuat laporan. Hal tersebut bertujuan untuk : internal purpose, external purpose, dan personal purpose.

Internal purpose (tujuan ke dalam) maksudnya bahwa laporan sebagai salah satu syarat guna mengikuti Ujian Kompetensi Teknik Komputer dan Jaringan Tahun Pelajaran 2009/2010. Laporan ini merupakan tugas yang harus dipenuhi oleh setiap siswa kelas II program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan setelah selesai melaksanakan program Praktik Kerja Industri dan sebagai bahan masukan dan studi banding untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan agar pelaksanaan proses belajar mengajar lebih terarah dan efektif.

External purpose (tujuan akhir) maksudnya bahwa laporan sebagai bahan pertimbangan bagi industri dengan melihat landasan teori, laporan inti dan saran yang ada dan sebagai sumber pelengkap untuk membantu pembaca dalam belajar sesuai dengan isi laporan yang disajikan.

Personal purpose yaitu agar penulis mampu menggabungkan antara ilmu yang didapat di sekolah dan pengetahuan praktik, penulis dapat mengenal dunia kerja dan bekerja sama dengan karyawan maupun pimpinan, karena dalam penyusunan laporan ini banyak melibatkan mereka.

Selain tujuan diatas penulisan laporan juga mengajarkan siswa agar lebih bertanggung jawab terhadap apa yang pernah dikerjakan dan dilakukannya. Penulisan laporan juga mengajarkan pada siswa untuk belajar mendeskripsikan segala sesuatu yang pernah dilakukannya.


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ........................................................................................... i

IDENTITAS SISWA DAN PERUSAHAAN........................................................ iii

LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH.............................................................. iv

LEMBAR PENGESAHAN IDUSTRI ................................................................. v

MOTTO DAN PERSEMBAHAN....................................................................... vi

KATA PENGANTAR ......................................................................................... vii

1.1 Latar Belakang disusun laporan.................................................... viii

1.2 Tujuan Penulisan laporan.............................................................. ix

DAFTAR ISI........................................................................................................ x

BAB I PENDAHULUAN .............................................................................. 1

1.1. Latar Belakang Praktik Kerja Industri ......................................... 1

1.2. Tujuan Praktik Kerja Industri ...................................................... 1

BAB II TINJUAN UMUM PERUSAHAAN .................................................. 3

3.1 Sejarah Perusahaan IRLANDA.NET ......................................... 3

3.2 Keunggulan Perusahaan ............................................................. 4

3.3 Visi ............................................................................................ 4

3.4 Misi ........................................................................................... 4

3.5 Tujuan ....................................................................................... 5

3.6 Sasaran ..................................................................................... 5

3.7 Lokasi ....................................................................................... 5

BAB III KEGIATAN DALAM PRAKERIN ..................................................... 6

BAB IV ISI ....................................................................................................... 10

4.1 Cara memperbaiki cartidge ........................................................ 10

4.2 Mempartisi flashdisk................................................................... 11

4.3 Tanda –tanda pc telah terjangkit virus.......................................... 13

4.4 Mengatasi LOLA (loading lama)................................................. 14

4.5 Cara memperbaiki Windows xp tanpa install ulang...................... 16

4.6 Cara memperbaiki computer yang selalu restart.......................... 20

4.7 Troubleshooting ganguan speedy................................................ 21

4.8 Setting dial up di windows xp.................................................... 23

BAB V PENUTUP.............................................................................................. 27

5.1 Kesimpulan................................................................................. 27

5.2 Saran.......................................................................................... 27

DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................... 28

IDENTITAS SISWA............................................................................................ 29

LEMBAR ASISTANSI........................................................................................ 30

DAFTAR TABEL................................................................................................. 6

DAFTAR LAMPIRAN / GAMBAR....................................................................

Gambar 1.2 Catridge.......................................................................................... 10

Gambar 1.3 FlashDisk........................................................................................ 11

Gambar 1.4 Autoruns......................................................................................... 14

Gambar 1.5 Event Viewer.................................................................................. 15

Gambar 1.6 New Conection............................................................................... 23

Gambar 1.7 New Conection............................................................................... 23

Gambar 1.8 New Conection............................................................................... 24

Gambar 1.9 New Conection............................................................................... 24

Gambar 1.10 New Conection............................................................................. 24

Gambar 1.11 New Conection............................................................................. 25

Gambar 1.12 New Conection............................................................................. 25

Gambar 1.13 New Conection............................................................................. 26

Gambar 1.14 New Conection............................................................................. 26




BAB I

PENDAHULUAN

2.1 Latar Belakang Praktik Kerja Industri

Praktik kerja industri adalah sebuah proses yang dilaksanakan oleh SMK BHAKTI NUSANTARA dalam rangka PRAKERIN dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh siswa dalam menghadapi dunia industri yang sebenarnya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan dunia industri akan kebutuhan tenaga kerja yang siap pakai dan professional.

Harapan utama dilaksanakannya praktik kerja industri adalah agar siswa lebih mengenal dunia industri yang sesungguhnya, sehingga kelak apabila siswa berada dalam dunia usaha tidak mengalami kesulitan yang berarti. Selain tujuan itu melalui praktik kerja industri juga diharapkan siswa memiliki kemampuan yang lebih dari apa yang telah didapatnya di sekolah.

Dengan pengalaman siswa yang pernah melaksanakan praktik kerja industri diharapkan saat berada di dunia industri siswa akan mempunyai etos kerja yang tinggi, disiplin, tanggung jawab, dan rajin dalam bekerja. Dengan demikian siswa akan lebih banyak pengalaman untuk menghadapi dunia usaha yang sesungguhnya. Dengan adanya praktik kerja industri juga diharapkan agar siswa mampu mengembangkan ilmu yang telah mereka dapat selama mengikuti proses pembelajaran di sekolah.

2.2 Tujuan Praktik Kerja Industri

Praktik kerja industri yang dilakukan oleh siswa SMK Bhakti Nusantara mempunyai tujuan sebagai berikut :

1. Menerapkan pengetahuan, baik praktik maupun teori yang telah diperoleh siswa dari sekolah pada dunia usaha dan industri.

2. Menambah pengetahuan siswa dalam bidang kemampuan dan kompetensi pada bidang masing-masing.

3. Mengenal dunia usaha atau industri dan lingkungan masyarakat kerja pada umumnya.

4. Mengenalkan pada siswa jenis-jenis pekerjaan di dunia industri yang ditekuninya.

5. Mendidik siswa agar berjiwa mandiri dan perintis sehingga terampil dan siap terjun ke dunia usaha atau industri.

6. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mengatasi masalah di dunia industri.

7. Mendidik siswa untuk mengenal dunia industri yang sesungguhnya.

8. Mendidik siswa memiliki rasa tanggung jawab serta dapat mengembangkan kreativitas untuk berprestasi dan memiliki daya intensif yang tinggi.

9. Meningkatkan kerja sama dan mempererat hubungan antara sekolah dan industri.


BAB II

TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

3.1 SEJARAH INSTANSI / INDUSTRI IRLANDA.NET

Kebutuhan internet oleh beberapa perusahaan dan instansi pendidikan, kini kebutuhan internet juga merambah dunia games atau permainan. Dari orang kantoran, siswa sekolah, sampai anak anak yang ingin bermain game online. Maka dari itu didirikanlah IRLANDA.NET
IRLANDA.NET merupakan Warnet yang bergerak di bidang Rental, Pengetikan, warnet dan lain lain yang dimiliki pribadi oleh Bapak Drs. Heri Sukardi, M.Kes selaku Pimpinan perusahaan.
IRLANDA.NET .berdiri pada tahun 2009 tepatnya pada bulan Agustus .Pada awalnya IRLANDA.NET merupakan Warnet, dengan jumlah unit komputer awal yaitu 13 Unit komputer, beserta dengan karyawanya yaitu 2 orang. Dan sudah menghasilkan kurang lebih Rp. 250.000,- per hari. Dan dengan jumlah karyawan 2 karyawan.


3.2 KEUNGGULAN PERUSAHAAN

1. Warnet yang memiliki letak yang strategis yaitu terletak di pinggir jalan sehingga mudah di jangkau oleh siapapun

2. Warnet yang melayani client Buka mulai jam 06.00 s/d 23.00

3. Warnet yang menyediakan layanan makanan dan minuman sehingga client membeli makanan atau minuman.

4. .IRLANDA.NET memiliki karyawan dan teknisi yang ahli dalam bidangnya sarta menerima service komputer panggilan

5. IRLANDA.NET adalah warnet dengan harga yang terjangkau

6. .akses internet yang cepat

7. Semua instalasi software, jaringan LAN, router dan proxy server berjalan dengan baik

8. Fasilitas tambahan :

1. Ruang ber AC

2. Tempat kamar mandi

3. Tempat parkir yang aman

4. Menerima pengetikan, Print, Scan, Burning / copy cd

5. Menjual accesories komputer

3.3 Visi

Mewujudkan kenyaman terhadap konsumen / pelanggan

3.4 Misi

Menyediakan komputer dengan harga terjangkau dan berkualitas.

1. Membantu menciptakan dan mewujudkan kecerdasan bangsa.

2. Memberikan kemudahan kepada instansi dan masyarakat luas untuk mendapatkan informasi secara global.

3. Memberikan pelayanan terbaik, inovatif, kreatif, dan membantu masyarakat untuk menjadi pandai dalam mengembangkan ilmu informatika.

3.5 Tujuan

IRLANDA.NET memberikan kenyaman terhadap pelanggan.

3.6 Sasaran

Masyarakat luas yang membutuhkan informasi secara global

3.7 Lokasi

Jln. Lemah Mendak mijen, Semarang

Hotline : (0294)-7711164


BAB III

KEGIATAN DALAM PRAKERIN

NO.

Hari/TGL

Nama kompetensi

Uraian Kegiatan

1.

Senin, 12/7/2010

Mengenal billing

Memahami kerja billing dan ikon pada billing

2.

Selasa,

13/7/2010

Bekerja sebagai server

Mencoba langsung ikon pada billing

3.

Rabu, 14/7/2010

Menggunakan aplikasi pada windows xp

Belajar mebakar cd blank

4.

Kamis, 15/7/2010

Belajar jaringan

Jaringan menggunakan wan dan mikrotik

5.

Jum`at, 16/7/2010

troubleshooting

Menangani computer yang terjangkit virus

6.

Sabtu, 18/7/2010

Belajar bloger

Cara membuat bloger

7.

Senin, 19/7/2010

Instalasi

Cara menginstal aplikasi

8.

Selasa, 20/7/2010

Belajar dengan aplikasi windows

Cara edit foto

9.

Rabu, 21/7/2010

Belajar bloger

Cara merubah template, dan menambah badget yang lain

10.

Kamis, 22/7/2010

Troubleshooting

Mencoba menganalisa computer yang tiba – tiba saat di gunakan client

11.

Jum`at, 23/7/2010

Sistem board

Mengenali Komponen pendukung pada monthebord

12.

Sabtu, 24/7/2010

Pengenalan processor

Membedakan prosesor dan mencatat hal-hal penting dalam prosesor (yang mempengaruhi kecepatannya)

13.

Senin, 26/7/2010

Belajar bloger

Mengedit bloger :

Merubah script menjadi html, dan membuat animasi lain,

14.

Selasa, 27/7/2010

Pengembangan memory

Mengetahui kecepatan, Kapasitas memory sehingga saat proses data lebih imbang.

15.

Rabu, 28/7/2010

Mensetting bios

Tampian bios berbeda-beda, da yang dimulai dengan memilih standart cmos dan lain-lain

16.

Kamis, 29/7/2010

Proses download

Mempelajari aplikasi download agar proses download cepat

17.

Jum`at, 30/7/2010

Troubleshooting

Test kerusakan menggunakan speaker, Setelah di install ulang

18.

Sabtu, 31/7/2010

Prosess loading

Menganalisa hal – hal yang mempengaruhi cepat lambatnya prosess loading saat masuk windows atau aplikasi lain

19.

Senin, 02/8/2010

Edit dokumen

Mengoperasikan Microsoft excel

20.

Selasa, 03/8/2010

Service catridge

Memperbaiki catridge

21.

Rabu, 04/8/2010

Reset printer Canon, Flasdisk

Cara partisi Flashdisk

22.

Kamis, 05/8/2010

Troubleshooting

Cara mengetahui kerusakan yang di akibatkan soundcard, landcard, I / O

23.

Jum`at, 06/8/2010

Jaringan

Mengonecsikan client dengan server dan server dengan modem

24.

Sabtu, 07/8/2010

Troubleshooting

Mengatasi kerusakan pada hardisk, Ram

25.

Senin, 08/8/2010

Troubleshooting

Mengatasi pc yang selalu restart

26.

Selasa, 10/8/2010

Pc bermasalah

Mendiagonisasi kerusakan yang di sebabkan oleh beberapa komponen

27.

Kamis, 13/8/2010

Edit bloger

Memberi animasi

28.

Jum`at, 14/8/2010

Tips - Tips

Tips mengembalikan data – data yang pernah dihapus atau hlang terkena virus

29.

Sabtu, 15/8/2010

Troubleshooting

Mengatasi kerusakan motherboard

30.

Senin, 16/8/2010

Troubleshooting

Mengatasi Pc yang lola atau loading lama

31.

Selasa, 17/8/2010

Instalasi

Menginstal software program Bantu windows xp

32.

Rabu, 18/8/2010

Troubleshooting

Mengatasi pc yang lambat

33.

Kamis, 19/8/2010

Troubleshooting

Mendiagonisasi kerusakan yang disebabkan oleh power supply

34.

Jum`at, 20/8/2010

Troubleshoting

Mengatasi speedy yang gx konek

35.

Sabtu, 21/8/2010

Setting windows

Mensetting dial up windows xp

36.

Senin, 23/8/2010

Edit dokumen

Membuat artikel

37.

Selasa, 24/8/2010

Membuat laporan

Mengoperasikan Microsoft word

38.

Rabu, 25/8/2010

Troubleshooting

Menangani computer yang terjangkit virus

39.

Kamis, 26/8/2010

Instalasi software

Instal driver windows xp

40.

Jum`at, 27/8/2010

Mengoperasikan program windows

Print, Scan, Burning, Edit dokumen,

41.

Sabtu, 28/8/2010

Troubleshooting

Mendiagonisasi permasalahan jaringan

42.

Senin, 30/8/2010

Troubleshooting

Mendiagonisasi permasalahan PC

43.

Selasa, 31/8/2010

Instalasi software

Menginstal driver

44.

Rabu, 01/8/2010

Troubleshooting

Client Bermasalah

45.

Kamis, 02/8/2010

Software

Mengoperasikan software aplikasi windows


BAB IV

ISI

4.1 Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Rusak

Cartridge adalah salah satu komponen pada printer yang berfungsi menampung tinta dan mengeluarkannya pada lembar kertas agar terbentuk suatu karya yang dihasilkan. Tapi suatu saat cartridge juga akan mengalami kerusakan, bila suatu hari cartridge printer tidak bisa mengeluarkan tinta atau lubang pengeluar tinta pada cartridge tersumbat maka cartridge tidak akan bekerja menghasilkan karya yang diinginkan. Biasanya yang paling mudah di perbaiki cartridge printer HP. cara memperbaikinya ?

catrid 300x203 Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Rusak

Gambar 1.2 Catridge

1. Lepaskan cartridge pada printer,

2. lepaskan penutup cartridge dengan tespen atau benda tajam lain agar penutupnya bisa terbuka,

3. setelah penutup cartridge terbuka ambil busa didalamnya,

4. cuci busa dengan air agar bersih dari tinta yang melekat,

5. setelah itu rendam busa dan cartridge dengan air panas kurang lebih setengah jam.

6. Keringkan cartridge dan busa dengan cara dijemur,

7. setelah semuanya kering pasang kembali busa pada cartridge dan tutup kembali dengan penutupnya,

8. jangan lupa beri lem pada penutupnya dengan lem alteko atau semacamnya agar cartridge tidak bocor saat di isi tinta.

9. Setelah semuanya beres, isi kembali cartridge dengan tinta dan cobalah pasang pada printer,

10. bila cartridge bekerja normal berarti sukses, tetapi bila cartridge tetap masih rusak berarti cartridge harus diganti,

4.2 Mempartisi FlashDisk

FlashDisk

Gambar 1.3 FlashDisk

Partisi pada Flashdisk umumnya dilakukan untuk dapat memudahkan management data. Sebelumnya perlu diketahi bahwa dalam panduan ini dapat bekerja baik pada semua flashdisk kemungkinan menyebabkan flashdisk rusak. Langkah pertama backup semua data sebelum memulai proses berikut ini :

A. Membalik RMB Flashdisk

1. Download file BootIt tool dan extract ke dalam PC, Tancapkan Flashdisk dan jalankan BootIt.exe

2. Pilih Flip Removable Bit: partisi-flashdisk1-boot-it

3. Cabut flashdisk, dan tancapkan kembali. Flashdisk akan terdeteksi sebagai Fixed Disk (bukan sebagai removable disk

4. Periksa dengan mengklik kanan Flashdisk dan lihat di Device Properties.

B. Membuat Partisi dalam Windows
Langkah berikut ini mensyaratkan sudah membalik RMB Flashdik

1. Pilih Start > Run, ketik diskmgmt.msc [OK]

2. Dalam jendela Disk Management, klik kanan Flashdisk Anda dan pilih Delete Partition partisi-flashdisk1-delete-partition

3. Klik kanan Flashdisk kembali pilih NewPartition partisi-flashdisk1-new-partition

4. Ikuti langkah dalam New Partition Wizard dan buat ‘Primary Partition’. Saat berada pada pilihan Partition Size, Pastikan memasukkan nilai yang lebih kecil dari kapasitas maksimal flashdisk untuk menyisakan ruang bagi partisi berikutnya. partisi-flashdisk1-partition-size

5. Lanjutkan Wizard, memberi Pilihan Abjad dan memformat partisi. merekomendasikan FAT32.

6. Setelah selesai membuat partisi pertama, dapat menambahkan partisi tambahan dengan mengulangi langkah 3 hingga 5 pada space kosong yang tersisa dalam flashdisk. partisi-flashdisk1-remaining-partitions

7. Setelah semua selesai, Akan ada beberapa partisi dalam flashdisk dan terdeteksi sebagai drive yang dapat dipakai secara terpisah dalam Windows. Sekarang bisa mengembangkan penggunaan Fixed Disk.

KETERANGAN :
Jika karena sesuatu dan lain hal ingin mengembalikan flashdisk dari Fixed Disk ke kondisi semula, Berikut caranya :

1. Klik kanan pada Bootlt.exe, pilih Run As > Administrator. Di sini (mungkin) akan diminta konfirmasi dan perlu menyediakan password Administrator.

2. Pilih drive flashdisk anda > klik tombol Flip Removable Bit.

3. Cabut flashdisk dan colokkan kembali. Sekarang Flashdisk akan kembali menjadi Removable Disk


4.3 Tanda tanda pc telah dijangkiti virus adalah seperti berikut:

1. PC menjadi hang selepas dibuka,

2. Prestasi PC tiba-tiba sahaja menjadi lembap. Sebarang aplikasi atau fail yang hendak dibuka menjadi terlalu perlahan.

3. Keluar mesej “Out of memory error” walaupun PC mengandungi ruang ingatan yang mencukupi.

4. Sistem operasi Windows tidak boleh dijalankan walau sebelum ini kita tidak pernah menyentuh bagian setting ataupun mengubah registry.

5. Sistem operasi Windows tidak dapat dijalankan kerana fail-fail penting untuk menjalankannya hilang tiba-tiba.

6. Ada program yang tidak pernah diinstal sebelum ini tiba-tiba muncul dan berjalan dengan sendirinya.

7. Terdapat proses yang tidak diketahui sedang berjalan dan menggunakan banyak sumber CPU.

8. Kita tidak boleh menginstal sebarang program atau aplikasi baru.

9. Windows seringkali reboot dan proses reboot berulangkali.

10. Utiliti cakra seperti scandisk melapurkan banyak error pada cakra selepas melakukan imbasan cakra.

11. Program atau aplikasi yang sebelum ini boleh digunakan crash secara tiba-tiba.

12. Drive partition bagi cakra keras, CD-ROM dan cakra liut tiba-tiba saja hilang.

13. Menerima email yang mengandungi sisipan-sisipan yang ganjil, contohnya mengandungi dua ekstensi.

14. Perisian Antivirus hilang tiba-tiba.

15. Perisian Antivirus tidak boleh di instal.

16. Dialog box terpapar pada skrin secara tiba-tiba.

17. Sistem PC berjalan dengan sendirinya, misalnya tetikus menunjuk ke sesuatu, membuka dan menutup tray CD-ROM dengan sendirinya.

18. Penunjuk tetikus berubah imej dan grafik.

19. Ikon-ikon ganjil terpapat pada sistem tray walaupun tidak pernah menginstal sebelum ini.

20. Muzik atau Video tiba-tiba saja dimainkan dengan sendirinya.

21. Saiz sesuatu fail berubah, walaupun kita tidak mengeditnya sebelum ini.

22. Fail-fail yang kita simpan hilang satu persatu.

23. Properties sesuatu fail berubah dengan sendirinya.

4.4 Mengatasi LOLA (loading Lama)

Dengan spesifikasi komputer standard saat ini, untuk menampilkan windows [Xp] secara penuh seharusnya kurang dari satu menit atau sekitar itu. Tetapi jika tampilnya lebih dari 2 menit atau berhenti lama sebelum desktop (icon, start menu dan lainnya ) tampil penuh, kemungkinan ada yang bermasalah windows-nya.

Ada beberap hal yang bisa kita cek untuk mengetahui permasalahan ini. Hal mendasar yang harus diperiksa adalah program apa saja yang berjalan ketika windows tampil. Untuk mengetahuinya bisa di periksa dengan tools seperti Autoruns. Lihat di Tab Logon terutam bagian HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run sampai kebawah.

Gambar 1.4 Autoruns

Daftar yang ada merupakan program yang akan selalu dijalankan bersamaan dengan windows. Jika ada program yang tidak dikenal, mencurigakan atau aneh, hilangkan tanda check disampingnya, yang berarti program tersebut tidak akan dijalankan ketika windows start. Atau program yang hanya meminta Update atau aplikasi lainnya yang tidak begitu penting, hilangkan saja tanda checknya

Setelah selesai, kemudian Restart Komputer, dan periksa apakah loading masih juga lambat. Jika masih lambat maka perlu dicek Sistem-nya dengan langkah sebagai berikut :

1. Buka Event Viewer (Control Panel > Administrative Tools > Event Viewer)

2. Setelah tampil, dari daftar di sebelah kiri dibagian Even Viewer (Lokal) pilih System, akan ditampilkan keterangannya/pesan disebelah kanan (Informations, Error dan warning)


Gambar 1.5 Event Viewer

3. Hapus pesan yang ada, dengan cara memilih menu Action > Clear All Events. Ketika muncul konfirmasi akan disimpan, klik saja yes untuk menyimpan semua pesan tersebut. Setelah daftarnya kosong, Restart Komputer

4. Ketika loading biarkan sampai windows tampil penuh, setelah selesai, periksa kembali Event Viewer bagian System (seperti diatas)

5. Coba diamati, terutama bagian Error atau Warning. Periksa kolom waktuya (Time), jika selisih waktu antara pesan tersebut dengan pesan d atasnya cukup jauh (mungkin lebih dari 1 atau 2 menit), maka kemungkinan permasalahannya disitu. Double klik untuk mengetahui permasalahannya

4.5 Cara Memperbaiki Windows XP Tanpa Instalasi Ulang

1.1 Memperbaiki Instalasi ( Repair Install )

Jika Windows XP rusak (corrupted) tidak mempunyai system operasi lain untuk booting, dapat melakukan perbaikan instalasi (Repair Install) yang bekerja bagaimana seting (pengaturan) yang awal.

1. Pastikan mempunyai kunci (key) Windows XP yang valid.

2. Keseluruhan proses akan memakan waktu kurang lebih 1/2 atau 1 jam, tergantung spek komputer Anda.

3. Jika dimintai password administrator, sebaiknya memilih opsi perbaikan (repair) yang kedua, bukan yang pertama.

4. Masukkan CD Windows XP dan lakukan booting dari CD tersebut.

5. Ketika sudah muncul opsi perbaikan kedua R=Repair, tekan tombol R Ini akan memulai perbaikan.

6. Tekan tombol F8 untuk menyetujui proses selanjutnya “I Agree at the Licensing Agreement”

7. Tekan tombol R saat direktori tempat Windows XP terinstal. Biasanya C:\WINDOWS
Selanjutnya akan dilakukan pengecekan drive C: dan mulai menyalin file-file.
Dan secara otomatis restart jika diperlukan. Biarkan CD dalam drivenya.

8. Berikutnya akan melihat sebuah gambar “progress bar” yang merupakan bagian dan perbaikan, dia nampak seperti instalasi XP normal biasanya, meliputi “Collecting Information, Dynamic Update,


1.2 Preparing Installation InstallingWi Finalizing nstallation

1. Ketika ditanya, klik tombol Next

2. Ketika ditanya untuk memasukkan kunci, masukkan kunci (key) Windows XP yang valid.

3. Normalnya inginkan tetap berada dalam nama Domain atau Workgroup yang sama.

4. Komputer akan restart.

5. Kemudian akan mempunyai layar yang sama sebagaimana pengaktifan sistem ketika instalasi normal.

6. Register jika menginginkannya (biasanya tidak diperlukan).

7. Selesai

Sekarang bisa log in dengan account yang sudah ada.

1.3 NTOSKRNL Rusak atau Hilang (Missing or Corrupt)

Jika mendapati pesan error bahwa “NTOSKRNL not found” / NTOSKRNL tidak ditemukan, lakukan berikut :

1. Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.

2. Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.

3. Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.

4. Biasanya #1

5. Pindahlah ke drive CD Drive yang di sediakan.

6. Tulis: CD i386

7. Tulis: expand ntkrnlmp.ex_ C:\Windows\System32\ntoskrnl.exe

8. Jika Windows XP terinstal di tempat lain, maka ubahlah sesuai dengan lokasinya.

9. Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT


1.4 HAL.DLL Rusak atau Hilang (Missing or Corrupt)

Jika mendapatkan error berkenaan dengan rusak atau hilangnya file hal.dll, ada kemungkinan file BOOT. mengalami salah konfigurasi (misconfigured).

1. Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.

2. Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.

3. Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.

4. Biasanya #1

5. Tulis: bootcfg /list

6. Menampilkn isi/masukan pada file BOOT.INI saat ini

7. Tulis: bootcfg /rebuild

8. Memperbaiki konfigurasi dari file BOOT.INI

9. Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT

1.5 Direktori \WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG rusak atau hilang

Jika mendapatkan error dengan tulisan :

“Windows could not start because the following files is missing or corrupt
\WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG\SYSTEM” or \WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG\SOFTWARE

1. Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.

2. Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.

3. Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.

4. Biasanya #1

5. Masukkan password administrator jika diperlukan.

6. Tulis: cd \windows\system32\config

7. Berikutnya tergantung di bagian mana letak terjadinya kerusakan:

8. Tulis: ren software software.rusak ATAU ren system system.rusak

9. Berikutnya lagi juga tergantung di bagian mana letak terjadinya kerusakan:

10. Tulis: copy \windows\repair\system

11. Tulis: copy \windows\repair\software

12. Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT

1.6 NTLDR atau NTDETECT.COM tak ditemukan (NTLDR or NTDETECT.COM Not Found)

Jika Anda mendapati error bahwa NTLDR tak ditemukan saat booting:

A. Untuk partisi tipe FAT

Silakan Anda melakukan booting dari disket Win98 Anda dan salinlah file NTLDR atau NTDETECT.COM
dari direktori i386 ke drive induk/akar (root) C:\

B. Untuk partisi tipe NTFS

1. Masukkan CD Windows XP dan booting dari CD tersebut.

2. Pada saat muncul opsi R=Repair yang pertama, tekan tombol R.

3. Tekan angka sesuai dengan lokasi instalasi Windows yang ingin diperbaiki yang sesuai.

4. Biasanya #1

5. Masukkan password administrator jika diperlukan.

6. Masukkan perintah berikut, dimana X: adalah alamat drive dari CD ROM Anda (Sesuaikan!).

7. Tulis: COPY X:\i386\NTLDR C\:

8. Tulis: COPY X:\i386\NTDETECT.COM C:\

9. Keluarkan CD Anda dan ketikkan EXIT


4.6 Cara memperbaiki computer yang selalu restart

Biasanya disebabkan karena ada file system yang hilang atau akibat virus. mungkin perlu install ulang windows yang ada supaya file penting yang hilang bisa kembali lagi. Setelah itu kalau sudah bisa langsung install antivirus terbaru, anti spyware dan firewall

11. Kemungkinan lain penyebab computer selalu restart

1. Power Supply rusak atau ada masalah,

2. Kerusakan terjadi pada UPS / Stabilizer, UPS dan stabilizer nyala, tetapi kadang gagal menyuplai listrik ke power supply atau tiba - tiba berhenti supply, akibatnya komputer restart

3. Mainboard (MB) dan komponen CPU ada masalah, pada Bios ada settingan temperatur berapa komputer bisa otomatis me-restart sendiri, Setelah pengecekan ternyata kipas di prossessor mati, sehingga overheat dan computer me-restart ketika temperatur mencapai 50 derajat celcius (default setting)

4. Komputer terkena virus seperti Brontok dan yg lainnya, menyebabkan komputer mendadak restart sendiri, ketika menjalankan program tertentu atau dalam jangka waktu tertentu, bisa juga komputer disusupi program yang residen (bukan virus) di startup sehingga restart sendiri . Masih ada beberapa kemungkinan penyebab lagi, Bisa juga kerusakan pada harddisk, lan card (bukan onboard), vga dan prosessor


4.7 Troubleshooting Gangguan Speedy

1.1 Speedy Tidak Bisa Konek

untuk setting PPPoE ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila koneksi speedy tidak bisa konek:

1. Cek lampu indikator modem

1. Lampu Power nyala ? ( cek adaptor atau catuan listrik )

2. Lampu LAN/Ethernet nyala ? ( Cek Kabel UTP/Lan sudah terhubung antara modem dengan Komputer )

3. Lampu Link/Adsl/Dsl nyala dan harus tidak berkedip ( Cek Kabel Telepon yang masuk ke modem, bypass dulu dari spilitter.

4. Lampu PPP/Internet/Data sudah nyala ? ( cek user name dan password speedy yang di set di modem)

2. Bila lampu indikator modem sudah normal tapi masih belum bisa konek internet lanjutkan dengan cek setting network connection:

1. Untuk winxp klik start - control panel - network connections

2. Klik 2x Local area connections icon

3. Dari menu local area connection status klik status - detail.

a) Address type : Assigh DHCP (default)

b) IP Address :Harus sesuai dengan IP modem (ex:192.168.1.2 - default)

c) Subnet Mask : 255.255.255.0

d) Default Gateway : harus berisi IP modem (ex:192.168.1.1 - default)

e) DNS server : 202.134.1.10
202.134.0.155

3. Bila sudah, cek koneksi lokal Kemudian lanjutkan dengan cek koneksi internet.

a) Klik start - run - ketik: ping 192.168.1.1 -t (ip modem)
harus muncul: Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time<1ms>=254

b) Klik start - run - ketik: ping 202.134.1.10 -t (DNS server Speedy)
harus muncul: Reply from 202.134.1.10: bytes=32 time=19ms TTL=60

4. Jika point 2 sudah OK, lanjutkan dengan cek Internet Options
klik start - Control Panel - Internet Options

a) Dari menu Internet properties - security (buat default level semuanya)
Internet properties - Connestions - pilih Never dial a connections kemudian klik

b) LAN settings - hilangkan 2 option pilihan kecuali automatically detect

c) setting saja yang di pilih.

d) Internet Properties - Advanced - klik restore default.

5. Jika point 3 sudah OK, coba install/pakai Browser yang lain.

6. Selesai.


4.8 Setting Dial Up di Windows XP

1. klik Start - Control Panel - Network Connection

2. Klik File - NewConnection

Gambar 1.6 New Conection

3. selanjutnya klik"Next"

Gambar 1.7 New Conection

4. Pilih connect to the Internet dan klik next

Gambar 1.8 New Conection

5. Pilih Set Up Connection manually dan klik - Next

Gambar 1.9 New Conection

6. Pilih Connect using a broadband connection dan klik - next

Gambar 1.10 New Conection

7. isikan " ISP Name " dengan nama connection " dan klik -Next

Gambar 1.11 New Conection



8. masukkan Username dan password Speedy dengan di akhiri @telkom.net.
Untuk Speedy Prepaid user beruba 10 digit angka yg di akhiri @speedyprepaid.

Gambar 1.12 New Conection

9. klik Next.

10. Klik finish. dan koneksi dial up internet sudah siap dipakai

Gambar 1.13 New Conection


Gambar 1.14 New Conection

11. cek username dan password ini harus benar supaya koneksi internet bisa digunakan.


BAB V

PENUTUP

5.1 Kesimpulan

Semakin berkembangnya teknologi informasi semakin banyak pula usaha yang di lakukan peruhaan dalam memanfaatkan teknologi tersebut untuk memajukan usahanya. Dan dalam kalangan pelajar teknologi informasi sangat bermanfaat untuk pendidikan..kita harus mempergunakan teknologi informasi sebaik-baiknya,baik dalam pendidikan ataupun usaha

Pembelajaran di dunia kerja adalah suatu strategi yang memberi peluang peserta mengalami proses belajar melalui bekerja langsung ( Learning by doing ) pada pekerjaan sesungguhnya.

Dengan adanya PRAKERIN penulis dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek langsung di lingkungan dunia kerja yang langsung dibimbing langsung oleh pihak industri/instansi, dan bahkan dapat mengukur sejauhmana penguasaan ilmu praktek software dan hardware.

Akhirnya saya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Karena dengan rahmatnya saya telah menyelesaikan Praktek kerja Industri, yang telah saya tuangkan ke dalam Laporan ini selanjutnya siap untuk diuji melalui Presentasi dengan ilmu yang saya dapat.

5.2 Saran

. Untuk Sekolah hendaknya lebih meningkatkan sosialisasi ke dunia industri, untuk lebih mengetahui kemajuan teknologi dewasa ini


DAFTAR PUSTAKA

1. http://adizonne.wordpress.com/2009/02/18/pc-restart-terus/

2. http://ebsoft.web.id/2008/06/24/tips-mengatasi-booting-loading-komputer-yang-lambat/#ixzz0XdtxtBNL

3. http://jimeowams.wordpress.com/category/tips-trik-kmptr/

4. http://organisasi.org/cara-memperbaiki-komputer-yang-restart-terus-menerus-windows

5. http://settingmodemspeedy.blogspot.com/


IDENTITAS SISWA

1. Nama Siswa : Siti Rokhanah

2. Nomor Induk Siswa (NIS) : 01230

3. Tempat/Tanggal Lahir : Kendal, 29 Juli 1993

4. Bintang : Leo

5. Kelas/Proggram Keahlian : XII tkj 1 / Teknik Komputer

dan Jaringan

6. Alamat Siswa :Teseh Rt04 / 04, Meteseh

Boja – Kendal

7. No.Telp/Hp Siswa : 085640385754

8. Makanan Faforit : Kue

9. Minuman Faforit : Jus Alpukat

10. Kata Mutiara : Sekarana atau nanti adalah

Masa depan jadi keberhasilan

ada pada diri sendri, motivasi

90 % dan kemampuan atau

bakat 10%.


LEMBAR ASISTANSI

NAMA : SITI ROKHANAH

KELAS : 3 TKJ I

JUDUL : SOFTWARE DAN HARDWARE

NO

TANGGAL

URAIAN

PARAF

1.

2.

3.

4.

5.

6.

1 komentar:

  1. MGM Resorts International's new sportsbook opens at New York
    Wynn Resorts has added new 경기도 출장샵 sportsbooks at New York Jets Arena, 수원 출장샵 which opened 양산 출장샵 in April. 논산 출장안마 It's not a new sportsbook at all. 전라남도 출장샵

    BalasHapus